April 06, 2011

Percakapan Bahasa Inggris Lewat Telepon

Apakah Anda seperti orang kebanyakan yang saat disuruh menelepon orang asing dan harus berbahasa Inggris merasa panik atau tak tahu harus bicara apa? Pada dasarnya, berbicara di telepon dalam bahasa Inggris tak sesulit yang Anda pikir. Simak tips-tips berikut agar Anda tak lagi merasa gugup saat harus berbahasa Inggris di telepon.

Perkenalan
Awali semua percakapan telepon dengan memperkenalkan diri Anda: “Hello, this is Dani Sudjono.”. Jika Anda menjawab telepon dan si penelepon tak memperkenalkan dirinya, Anda bisa bertanya: “May I ask who’s calling, please?”
Meminta berbicara dengan seseorang / Meminta sesuatu dengan sopan
Jika Anda menelepon untuk berbicara dengan orang tertentu, maka Anda bisa bertanya:
“May I speak to Mr. John Smith, please?”.
Jika Anda memiliki nomor tujuan atau nomor ekstensi, tapi tak tahu nama si orang yang dituju, maka Anda dapat bertanya:
“Could I have extension number 123?”
Tetapi, jika Anda menelepon dengan maksud tertentu, maka kalimat yang tepat adalah dengan menyampaikan maksud Anda dengan jelas:
“I’m calling to make a reservation.” Atau “I’m calling to book a ticket.”
Menahan dan Menyambungkan telepon orang lain
Bahasa telepon dalam bahasa Inggris untuk “tunggu sebentar” adalah “please hold”. Pada saat Anda akan disambungkan ke ekstensi lainnya, biasanya Anda akan mendengar: “Connecting your call…” atau “Please hold, I’ll transfer you…” Anda bisa mengucapkan hal yang sama jika Andalah yang harus menyambungkan telepon orang lain.
Meninggalkan pesan
Pada saat orang yang Anda telepon tak ada di tempat, bersiaplah untuk meninggalkan pesan. Untuk meninggalkan pesan, Anda bisa menggunakan voicemail (sistem perekam suara digital) atau sebuah answering machine (mesin penjawab telepon yang merekam pesan dalam kaset). Jika Anda berbicara kepada operator, maka mereka biasanya akan bertanya:
“Would you like to leave a message?”
Atau Anda bisa meminta langsung dengan betanya:
“May I leave a message?”
Jangan lupa untuk meninggalkan nomor telepon jika Anda ingin dihubungi kembali.
Meminta untuk berbicara lebih lambat
Jika Anda tak mengerti perkataan lawan bicara dalam bahasa Inggris, maka berterus-teranglah. Segera utarakan dengan berkata:
“My English isn’t very good, could you please speak slowly?” atau
“My English isn’t very strong, could you please repeat one more time?”
Kebanyakan orang akan menghargai kejujuran Anda dan akan dengan senang hati mengulangi perkataan mereka.
Ingatlah untuk mencatat
Jika Anda gugup dalam menelepon menggunakan bahasa Inggris, sangat membantu untuk menyiapkan sebuah catatan. Catat dengan singkat apa yang ingin Anda katakan. Anda dapat menggunakannya untuk mengatur yang ada dipikiran Anda, dan sebagai panduan bila Anda merasa bingung pada saat Anda menelepon.

Selalu bersikap sopan walaupun lawan bicara tak dapat melihat Anda
Sangat penting untuk terdengar sopan di telepon. Gunakan kata-kata seperti, ‘please’ dan ‘could you’ pada saat meminta sesuatu. Ingatlah untuk selalu mengakhiri percakapan dengan ‘Thank you’ dan ‘Goodbye’!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar