Maret 12, 2011

Nama Penulis Novel Terkenal

Zaman ibu dan kakek kita, bercita-cita menjadi penulis mungkin akan mendapat cibiran. Beruntunglah kita yang hidup pada masa buku dan artikel telah menjadi kebutuhan.
Menjadi penulis novel merupakan cita-cita yang tak kalah hebat seperti menjadi dokter atau pengacara. Apalagi jika karya kita dikenal luas hingga mendunia. Siapa saja nama penulis novel kaliber internasional yang perlu Anda ketahui?

Nama penulis dunia terkait dengan tema cerita. Jarang ada penulis dunia yang memiliki kemampuan menulis dalam berbagai genre. Para penulis yang termasuk dalam kategori langka tersebut adalah Astrid Lindgren.
Ia mulai populer dengan karyanya yang kocak dengan tokoh Pippi Langstrump, gadis yang sangat kuat namun bertabiat konyol. Ia juga menciptakan tokoh Emil dan Lotta yang juga kocak. Namun, selain karya-karyanya yang kocak, ia juga mampu menelurkan karya yang sentimental. Mio Anakku dan Ronya, misalnya.

Tema Thriller Beralur Cepat

Sidney Sheldon, Dan Brown, dan Michael Chrichton, tiga nama yang aktif di genre thriller. Nama penulis novel pertama kerap membumbui tulisannya dengan setting yang detail dan romansa dari pelaku utama. Tokoh utamanya rata-rata wanita yang memiliki karier hebat, jarang ia menjadikan kaum adam sebagai pemeran utamanya. Karyanya antara lain The Rage of Angel,  Naked Face, dan Are You Afraid of The Dark?

Sedangkan Dan Brown yang kesohor berkat Da Vinci Code-nya, menampilkan karya bergaya thriller yang kaya akan studi pustaka. Karyanya beragam, tidak melulu tentang kontroversi agama dan sejarah, melainkan juga ilmu pengetahuan seperti yang ditampilkannya dalam Deception Point dan Digital Fortress.

Nama penulis terakhir merupakan pencetak best seller yang filmnya juga menjadi box office. Karyanya seperti Jurrasic Park, Disclosure, dan Time Line laris dan diputar berkali-kali oleh televisi swasta.


Ahli dalam Konflik Batin

Jody Piccoult cerdik dalam meramu konflik batin tiap tokohnya. My Sister Keeper yang menggambarkan dilema gadis yang selalu menjadi pedonor kakaknya, menjadi best seller hingga dilayarlebarkan oleh Hollywood. Begitu pula dengan karyanya bertajuk Salem Falls yang menceritakan kisah pahit seorang guru yang dijebloskan penjara karena tuduhan palsu dari muridnya.

Kaya Imajinasi

Kate DiCamilio lebih banyak bermain-main di dunia anak-anak yang kaya imajinasi. The Tale of Despereaux yang telah dilayarlebarkan, mengisahkan tentang tikus yang mencintai seorang puteri.
Sedangkan Enid Blyton yang terkenal dengan Lima Sekawannya, tidak hanya ahli menulis kisah petualangan para remaja. Ia juga lancar bercerita tentang dunia peri dan liliput.
Eva Ibbotson tidak mau kalah. Ia jago bercerita tentang dunia sihir, peri, monster, hantu dan dracula. Uniknya, kisah-kisahnya tidak membuat bulu kuduk berdiri. Pembaca malah akan tertawa terbahak-bahak atau terharu membaca kisah-kisahnya, seperti Peron 13, Dracula Mencari Istri, dan Agen Hantu.

Memecahkan Kasus

Berbicara tentang misteri pembunuhan atau perampokan, detektif Sherlock Holmes dan Hercules Poirot ahlinya. Dengan teknik analisis yang hebat dan bakat yang dimilikinya, kedua detektif ini menjadi tokoh fiksi yang melegenda. Sherlock Holmes dikarang oleh Sir Arthur Conan Doyle. Sedangkan Hercules Poirot adalah tokoh favorit Agatha Christie.

Penulis Indonesia yang Mendunia

Selain nama-nama di atas, masih banyak nama penulis novel yang telah berskala internasional. Ada Paulo Coelho (Alchemist), CS Lewis (The Cronichles of Narnia) , JRR Tolkien (The Lord of The Ring), Neil Gaimann (Coraline), Laura Ingalls Wilder (Little House of The Prairie) dan Herge (Tintin).
Nama ini akan terus bertambah, bahkan ada kemungkinan penulis Indonesia mulai mendunia, seperti Andrea Hirata dengan Laskar Pelanginya yang mulai diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Dan siapa tahu sebentar lagi tiba waktu Anda menjadi tergolong ke dalam nama penulis novel terkenal berkat imajinasi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar